Sinopsis Film 5 cm | Kisah Persahabatan dan Cinta di Puncak Semeru

Share :
http://www.idkosmetik.net/2015/12/parfum-pheromone-by-identic-parfum.html

Sinopsis Film 5 cm | Kisah Persahabatan dan Cinta di Puncak Semeru
Film 5 cm Ada ide yang tidak biasa di tengah persahabatan lima orang muda ini. Genta (Fedi Nuril) mengusulkan mereka tidak bertemu dan putus komunikasi dulu selama tiga bulan. Dia juga sudah menyiapkan rencana besar jika tiga bulan itu bisa dilalui.

Setelah bertahun-tahun bersahabat, sejak SMA hingga kini sudah sama-sama bekerja, mereka bukan lagi sangat kenal, lima orang ini bahkan hafal tabiat masing-masing. Arial (Denny Sumargo) yang disukai banyak cewek tapi anehnya belum pernah pacaran, Genta yang bernaluri pemimpin, Zafran (Herjunot Ali) senimanpuisi yang sering bikin ibunya keberisikan, Ian (Igor Saykoji) yang kecanduan film porno, dan Riani (Raline Shah) yang hafal selera makan empat kawannya kalau mereka ke warung makan kaki lima.

Berlima sudah mengalami banyak peristiwa bersama, kecuali wisuda yang minus Ian karena skripsinya nggak kelar-kelar. Setelah bertahun-tahun bersama, baru sekarang kelimanya sadar bahwa mereka tidak punya kawan lain di luar lingkaran ini.

Dengan berpisah tiga bulan, mereka punya waktu penuh untuk misi masing-masing yang tidak ada hubungannya dengan pertemanan mereka. Arial dan Zafran akan fokus meraih cinta perempuan incaran keduanya, Riani dan Genta akan fokus dalam pekerjaan, serta Ian bertekad menyelesaikan skripsinya yang terus tertunda.

Tiga bulan pun terlewati tanpa saling telepon, saling SMS, apalagi bertemu. Sesuai reminder Genta lewat SMS sepekan sebelumnya, kini mereka bertemu di Stasiun Senen membawa bekal untuk naik gunung selama beberapa hari. Peserta bertambah satu, Dinda (Pevita Pearce), adik Arial yang selama ini jadi inspirasi puisi-puisi Zafran.

Lima sahabat plus satu mahasiswi itu menumpang kereta api senja menuju timur, ke Malang. Rencana Genta memang tidak main-main. Dia ingin membawa kawan-kawannya ke Gunung Semeru di Jawa Timur, mengibarkan Merah Putih tepat pada pagi 17 Agustus di Mahameru, puncak tertinggi Semeru.

Dia janjikan sebuah pengalaman besar bagi kawan-kawannya itu yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Setelah terbit pertama pada 2005, novel 5 cm. karya Donny Dhirgantoro akhirnya diadaptasi ke layar lebar film 5 cm di bawah garapan Rizal Mantovani. Inilah film Indonesia pertama yang mengambil syuting di Mahameru, lokasi sama yang jadi setting novelnya.

Bagi Donny, lokasi syuting film 5 cm di Mahameru jadi harga mati yang tidak boleh ditawar-tawar. Keindahan sekeliling dilihat dari puncak Mahameru berikut mistisnya Ranu Pane dan Ranu Kumbolo tak dapat digantikan dengan lokasi lain yang dimirip-miripkan.

Para pemain dan kru film 5 cm mulai melakukan proses produksi di Mahameru sejak pertengahan 2012. Selama 17 hari mereka di sana, berbaju lima lapis, menghadapi suhu yang mencapai 0 derajat Celsius, tidur malam yang tidak nyaman, dan kelelahan karena terus mendaki.

Dibanding syuting di tempat “normal”, syuting film 5 cm di Mahameru 30 kali lebih berat bagi sutradara, Rizal Mantovani, karena setiap hari harus mendaki selama 8-10 jam sambil membawa peralatan yang tidak ringan. Dengan alasan besarnya risiko, Soraya Intercine Films pun harus mengasuransikan tiap pemain dengan uang pertanggungan masing-masing Rp 10 miliar.

Catatan bagi film 5 cm. adalah abai di urusan detail. Kita tak akan temukan adegan memasang dan menggulung tenda serta obrolan ringan sambil minum teh atau kopi pagi. Ada adegan mereka tidur malam nyaman saja dengan kantong tidur yang hanya menutup sampai dada. Penampilan paling mengganggu adalah Raline dan Pevita yang terus membiarkan rambut mereka tergerai walau melewati medan sangat berat, padahal bukan sedang membintangi iklan sampo.

Sinopsis Film 5 cm | Kisah Persahabatan dan Cinta di Puncak Semeru


Dan sampailah kita pada pertanyaan besar dari setiap novel best seller yang difilmkan, miripkah ceritanya dengan isi novelnya? Walau tidak adil membandingkan dua makhluk beda alam, tapi sekadar menjawab rasa penasaran, plotnya sama plus kejutan di penutupnya.

Deskripsi Donny yang apik tentang Semeru berhasil diterjemahkan Rizal melalui visualnya yang megah. Dia sampai pinjam kamera khusus milik Yudi Datau yang bisa maksimal menangkap landscape. Jadi jangan anggap kampungan kalau ada penonton sampai bertepuk tangan ketika film 5 cm pertama kali menghamparkan Ranu Pane yang keemasan disorot cahaya pagi. Ah satu lagi, saya sangat menunggu Mahameru-nya Dewa 19 mengalun, walau sedikit, tapi ternyata tidak ada. (SIL/YOG/detik.com/majalahdetik)
Terima Kasih Atas Kunjungannya
Judul: Sinopsis Film 5 cm | Kisah Persahabatan dan Cinta di Puncak Semeru Ditulis oleh admin kamu Rating Blog 5 dari 5
 
My Ping in TotalPing.com

Serba Info Unik Copyright © 2011 / Powered by blogger